Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Kisah Putri Pisang Masak Jambi

 Putri Pisang Masak Jambi adalah dongeng rakyat dari pulau Jawa yang bercerita tentang seorang putri pisang yang menghabiskan hidupnya di Gunung Kanaka di bagian depan keraton di Jambi. Kisah ini menceritakan bagaimana seorang putri pisang, seorang putri Lebokattina, berhasil melawan kejahatan kerajaan Jambi.


Putri Pisang tampak seperti malaikat. Dia memiliki rambut pirang, kulit putih bersih, dan mata yang sayu. Dia adalah seorang yang sangat cantik. Ia tinggal di sebuah goa di Gunung Kanaka yang terletak di bagian depan keraton. Putri terpencil ini tidak tahu kalau ia adalah seorang putri.

Suatu hari Raja Jambi mendengar tentang Putri Pisang dan menuju goa untuk menemuinya. Dengan percaya diri ia memutuskan bahwa ia adalah Putri Lebokattina. Ia meminta Putri Pisang untuk mengikuti kembali ke istananya untuk mengembalikan kerajaan yang telah jatuh di bawah pemerintahan kejahatan. Putri Pisang segera menyetujuinya dan mengikuti Raja Jambi ke keratan.


Ketika mereka tiba di istana, Putri Pisang dikomandoi oleh Raja Jambi untuk memimpin pasukan kerajaan untuk melawan kejahatan. Putri Pisang menyambut tantangan ini dengan semangat dan mengambil alih pasukan kerajaan.

Pasukan kerajaan memutuskan berkumpul di Gunung Kanaka. Putri Pisang memimpin pasukan dengan kepandaiannya dan menaklukkan musuh. Dia adalah seorang pemimpin yang hebat yang membawa kemenangan dalam peperangan.

Sepanjang perjuangan Putri Pisang, ia terkenal karena kepintarannya. Semua orang yang mendengar tentang keberhasilan Putri Pisang memuji-muji kepandaiannya. Sebagai upeti pemenangan, Raja Jambi membuat Putri Pisang menjadi Putri Lebokattina. Dengan kerajaan terbebas dari kekacaun, Putri Pisang menikah dengan kekasih hatinya dan menikmati kehidupan bahagia dengan menjadi Putri Lebokattina di Jambi.
Labels: Kisah

Thanks for reading Kisah Putri Pisang Masak Jambi. Please share...!

0 Komentar untuk "Kisah Putri Pisang Masak Jambi"

Back To Top