Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

cerita rakyat Sentuhan Emas Raja Midas

 Dahulu kala di sebuah negeri yang jauh di ujung timur Asia, ada seorang raja bernama Midas. Raja Midas memiliki beberapa kebijaksanaan yang terkenal di seluruh negeri. Satu hal yang membuat raja Midas unik dan menonjol di antara para raja lainnya adalah 'sentuhan emas'.


Seperti yang dipercaya oleh beberapa ahli sejarah, Raja Midas tercantum dalam legenda Yunani kuno. Kantor Lontar Yunani kerap menulis bahwa semua apa yang disentuh Raja Midas akan langsung menjadi emas. Siapapun yang membawa hadiah atau membawakan makanan, dapat dipastikan itu akan berubah menjadi emas apabila telah disentuh oleh raja Midas.

cerita rakyat Sentuhan Emas Raja Midas
Namun, bukan hanya itu. Sama seperti legenda Yunani lainnya, sentuhan Midas juga memiliki sisi-sisi negatif. Dikabarkan bahwa berbagai macam binatang laut, tumbuhan, dan hewan peliharaannya telah berubah menjadi emas setelah disentuh. Istrinya pun ikut menjadi korban sentuhan emas Midas, dan kehilangan kehidupan manusia.


Pada akhirnya, Raja Midas sadar bahwa sentuhan emasnya bukanlah sebuah kekuatan ajaib yang luar biasa, tetapi cenderung membawa malapetaka. Ia pun bersegera ke sumber air terkenal, dan meminta bantuan Tuhan untuk menguapkan sentuhan emasnya karena berbagai alasan yang dimilikinya.

Dengan cepat, Tuhan mengabulkan permintaan pangeran Midas. Air tersebut mencairkan sentuhan emasnya, dan istri Midas pun bangkit kembali dari 'kematian'nya. Karenanya, cerita rakyat sentuhan emas Raja Midas ini dikenal sebagai sebuah kisah tentang perasaan permintaan maaf dan pengampunan.
Labels: Cerita Rakyat

Thanks for reading cerita rakyat Sentuhan Emas Raja Midas. Please share...!

0 Komentar untuk "cerita rakyat Sentuhan Emas Raja Midas"

Back To Top