Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Si Kancil Pencuri Mentimun

 Si Kancil Pencuri Mentimun adalah sebuah cerita rakyat yang berasal dari Nusantara kuno. Cerita ini menceritakan tentang seekor kancil yang menghabiskan hari-harinya melakukan berbagai kegiatan mencari makan. Suatu hari ia mencoba untuk meraih beberapa buah mentimun di kebun kaisar, namun ketika ia hendak meraihnya, ia diketahui oleh kaismarnya yang lalu menghukumnya.

.
Si Kancil Pencuri Mentimun
Karena sudah diketahui melakukan tindakan tak etis, para penduduk desa menghukum Kancil dengan cara mencuci muka dan mengenakan sebuah topi yang berbau amis. Kancil lalu dihukum dan ia harus berjalan di jalan-jalan desa dengan membawa topi itu.


Karena topi itu berbau amis, ia memutuskan untuk membuangnya di sungai. Ketika ia akan membuangnya, ia mendengar seseorang memanggilnya dan dia melihat Dia adalah sahabat Garnisunya yang memanggilnya untuk membantu dia mencuri beberapa mentimun. Kancil kemudian membantunya dan berhasil mencuri mentimun untuk dirinya.

Setelah berhasil mencuri mentimun, kancil lalu tiba di rumahnya dan di sana, ia berkesempatan untuk menikmati mentimun hasil curian mereka. Akhir cerita yang indah ini adalah, Kancil yang lalu dihukum untuk membawa topi berbau amis juga lalu berhasil menikmati manisnya hasil curian mentimun. Cerita yang mengharukan ini menunjukkan bahwa meskipun kita menghadapi setumpuk ujian, tetap saja Allah memberikan jalan keluar bagi kita untuk menuju kebahagiaan.
Labels: Cerita Rakyat

Thanks for reading Si Kancil Pencuri Mentimun. Please share...!

0 Komentar untuk "Si Kancil Pencuri Mentimun"

Back To Top