Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Sejarah provinsi jambi

 Provinsi Jambi terletak di sisi utara Pulau Sumatera terkenal dengan sebutan 'Negeri Bumi Gemilang' memiliki banyak catatan sejarah yang menarik. Negeri Jambi berdiri di antara hutan lindung yang hijau dan berjulur sisi ke delta sungai batang Hari, membuatnya sangat unik dalam hal alam dan budaya.


Ketika menyoroti tahun-tahun dimana berdirinya Provinsi Jambi, banyak hal yang harus kita ketahui. Perjalanan sejarah Provinsi Jambi dimulai pada abad XIX dengan negara kolonial Belanda yang memasukinya. Pemerintah Belanda bersikeras untuk menguasai tanah ini dan melayaninya sendiri. Setelah berhasil melawan raja-raja Jambi dan menciptakan Novus Imperium Jambiensis (Negara Baru Jambi), mereka berhasil memerintah negara ini sebagian besar abad XIX.

Dalam tahun 1945, usaha belanda untuk memerintah tanah Jambi berakhir dan provinsi ini diselenggarakan oleh Republik Indonesia pada effectiviteit beschrijvings kesubsidi. Setelah itu berdirilah daerah Jambi sebagai salah satu provinsi di Indonesia. Setelah mengalami perkembangan lebih lanjut selama beberapa tahun, Provinsi Jambi akhirnya mendapatkan status Provinsi Jambi pada tahun 1956

Pada pelaksanaan tahun 2018, Jambi berhasil memiliki lahan seluas 39.582 km2 yang memiliki luas pantai terpanjang di Sumatera bagian barat membuat negeri ini sangat unik dan berharga. Bersama dengan demikian, anggaran tahun 2020 mencapai 19.863.900.000 rupiah yang merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Anugerah yang lain yang Provinsi Jambi telah berhasil mendapatkan adalah dapatnya Hak Cipta Sumber Daya Genetik Sergi dan Biodiversitas Jambi pada tahun 2017.
Sejarah provinsi jambi

Provinsi Jambi sekarang ini terkenal dengan telugu minyaknya, mudah untuk mengetahui bahwa minyak telugu memainkan peran penting dalam berdirinya provinsi ini. Sekarang, dengan bantuan kekuatan alam yang di tawarkan negara ini, Provinsi Jambi telah mampu menjadikanya lokasi yang nyaman untuk ditinggali bagi banyak orang.
Labels: Artikel Sejarah

Thanks for reading Sejarah provinsi jambi. Please share...!

0 Komentar untuk "Sejarah provinsi jambi"

Back To Top