Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Sejarah masuknya Islam di Indonesia

 Kedatangan Islam di Indonesia berawal sejak abad ke-7 Masehi, ketika bangsa Yemen dan Arab Saudwitelah tersebar ke seluruh penjuru dunia melalui proses pendudukan atau migrasi, termasuk ke wilayah Indonesia. Abad ke-13 adalah saat dimana orang-orang Arab mulai menyebarluaskan syiar-syiar agama Islam di tanah Nusantara. Berbagai kerajaan berevolusi dari Hindu-Buddha menjadi beragama Islam, di antaranya Kerajaan Banten, Demak, dan Palembang.


Sejarah masuknya Islam di Indonesia
Mulai abad ke-15, ramai para pedagang dan ulama yang berasal dari Mesir, Gujarat, Persia, Turki, Bengaluru, dan Aceh meramaikan wilayah lautan di sekitar Nusantara. Walaupun mereka tidak menjadikan Nusantara sebagai basis daerah perdagangan, ribuan pedagang mampir di Jakarta, Cirebon, dan Sumatra untuk melalukan bisnis, dan di mana mereka pun menyebarkan ajaran agama Islam.


Perkembangan Islam di Nusantara berlanjut hingga abad-abad berikutnya, menyebabkan Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Salah satu penyebab terkenal bahwa Islam memiliki keistimewaan forensik, mengingat cara orang-orang menpicu interaksi budaya di tanah Nusantara pada masa itu.

Di mana orang-orang Hindu-Buddha telah lama mengambil budaya asing dan menyebarluaskannya sebagai kebiasaan adat, orang-orang Islam membawa ajaran agama berbeda dimana mereka berhubungan. Dengan cara ini, sebagian besar orang Indonesia yang awalnya menganut agama Hindu-Buddha, berubah menjadi beragama Islam.

Dan pada abad ke-18, orang-orang di Sumatra yang mayoritas beragama Islam, mendirikan Kerajaan Aceh besar, di mana Islam disokong sebagai agama resmi kerajaan. Pada tahun 1900-an, pengaruh Islam juga dapat dilihat di Jawa, di mana orang-orang Muslim mendirikan berbagai organisasi keagamaan dan komunitas. Pada tahun 1945, konstitusi Republik Indonesia menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara beragama demokrasi dengan orientasi kepada satu agama yang mayoritas adalah Islam.

Melalui berbagai proses sejarah, terutama penyebaran agama dan perkembangan seni budaya, Islam telah menjadi salah satu simbol kebangsaan Indonesia. Dengan rakyat yang mayoritas beragama Islam, dapat dipastikan bahwa bahasa yang digunakan oleh banyak komunitas di tanah Nusantara, yaitu bahasa Arab dan Melayu-Arab, pun berkembang.
Labels: Artikel Sejarah

Thanks for reading Sejarah masuknya Islam di Indonesia. Please share...!

0 Komentar untuk "Sejarah masuknya Islam di Indonesia"

Back To Top