Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Kisah Asal Mula Gunung Merapi

 Gunung Merapi (api berarti api), terkenal sebagai gunung api di Indonesia, adalah salah satu gunung api yang jetangan padat di dunia. Dimana merapi ada di daerah Jawa Tengah. Secara geografis gunung ini ada di batas timur dekat Yogyakarta dan batas Barat dekat Magelang, tepat di tengah antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung Merapi juga dikenal sebagai “ratu gunung” karena keindahan dan ketinggiannya yang tak tertandingi di jagat raya.


Gunung Merapi
Legend Of Merapi telah di ceritakan dari generasi ke generasi. Orang-orang mengatakan bahwa asal mula gunung Merapi datang dari seorang raja bernama Merapi yang diangkat setan yang bersembunyi di puncak gunung itu. Sang raja disebut-sebut pernah hidup di dalam gunung. Setelah itu, sang raja disebut meninggal akibat hujan asam yang dipancarkan gunung Merapi.


Raja Merapi merupakan raja pertama di Kraton Yogyakarta, dan ia adalah salah satu dari tiga Raja Yogyakarta pertama yang dikenal sebagai Raja Yogyakarta Raya. Ia sangat terkenal dan diliput baik oleh media lokal maupun @fasional. Sang raja terkenal karena jasadnya tetap kaku meskipun telah meninggal sejak ratusan tahun lalu.

Kisah raja Merapi juga diwarnai oleh kisah-kisah legenda lainnya seperti Sang Naga, Ratu di Puncak Gunung, dan lainnya. Masih ada banyak lagi kisah-kisah menarik tentang Merapi. Namun ada satu kisah yang menarik perhatian yaitu kisah tentang Raden Watu Sirta. Raden Watu Sirta merupakan anak dari Raja Merapi yang dikurung tingal di dalam sebuah makam di puncak bukit. Kisah Watu Sirta akhirnya menyebar ke seluruh Jawa dengan versi-versi berbeda tentang siapa dia, apa yang terjadi padanya, dan apa yang menyebabkan dia ada sekarang.

Kisah asal mula Merapi menjadi sebuah proses belajar dan menyelami mitos-mitos lama yang ada. Ini memberi petunjuk bagaimana rakyat Jawa mengetahui tentang pentingnya menjaga alam, menghormati kekuatan untuk merawat dan menghormati gunung-gunung yang menjadi tempat tinggal para dewa. Di sisi lain, kisah asal mula merapi juga mengingatkan kita untuk menjaga lingkungan yang bebas dari bencana alam sebagai bentuk rasa pakar dan simpati kita terhadap tanah air kita ini.
Labels: Kisah

Thanks for reading Kisah Asal Mula Gunung Merapi. Please share...!

0 Komentar untuk "Kisah Asal Mula Gunung Merapi"

Back To Top