Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Anak Katak dan Anak Lembu

 Anak Katak dan Anak Lembu adalah salah satu cerita rakyat yang berasal dari suku Minangkabau. Cerita ini menceritakan tentang seorang ibu kerbau yang memiliki dua anak yang berbeda kepribadian dan kemampuan. Salah satunya bernama Anak Katak dan satunya bernama Anak Lembu.


Dalam cerita ini dijelaskan bahwa Anak Lembu adalah sangat cerdas sementara Anak Katak adalah sangat malas. Kebiasaan malas-malasan Anak Katak membuat ibu sang kerbau sangat marah dan sakit hati. Oleh karena itu, ibunya berusaha untuk menolong Anak Katak meningkatkan kecerdasannya, ia mengirim Anak Katak untuk berkeliling desa dan belajar dari para ahli di desa terdekat agar ia bisa menjadi lebih cerdas.

Di suatu hari, Anak Katak berpikir bahwa ia tidak akan bisa meningkatkan kecerdasannya karena sangat malas untuk membaca dan belajar. Ketika ia bekerja dengan sia-sia, ia mendengar suara seorang perempuan cantik yang bernyanyi dan memainkan musik. Ia pun mengikuti suara tersebut dan sampailah ia di sebuah taman di mana seorang putri cantik sedang beristirahat.

Anak Katak dan Anak Lembu
Setelah perkenalan, putri tersebut percaya bahwa ia bisa membantu Anak Katak meningkatkan kecerdasannya. Akhirnya, ia memberitahu Anak Katak bagaimana cara menguasai apa yang telah dipelajari dari para ahli di desa. Putri tersebut menyarankan Anak Katak untuk membaca, menulis, dan memainkan musik untuk meningkatkan kecerdasannya.


Sangat jelas, usaha Anak Katak untuk meningkatkan kecerdasannya berhasil, dan ia berhasil melampaui Anak Lembu. Anak Lembu pun menyadari bahwa Anak Katak telah berhasil melampauinya dalam hal kecerdasan. Dalam akhir cerita ini, ibu tersayang kerbau dan anak-anaknya pun akhirnya dapat hidup bahagia bersama.
Labels: Cerita Rakyat

Thanks for reading Anak Katak dan Anak Lembu. Please share...!

0 Komentar untuk "Anak Katak dan Anak Lembu"

Back To Top