Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

sejarah berdirinya kecamatan merlung

 Kecamatan Merlung adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Pidie, Aceh. Merlung didirikan pada tanggal 21 Desember 1950 dengan dua desa yaitu Merlung dan Beurawang. Kecamatan ini terletak di daerah yang didominasi oleh hutan rimbun, aliran sungai dan padang rumput. Wilayah Merlung terkenal dengan kualitas hasil pertanian dan industri perikanan.


Sejarah berdirinya Kecamatan Merlung berawal dari pengalihan wewenang pemerintahan di Aceh Pidie dari Belanda ke Republik Indonesia pada awal 1950-an. Pemerintah Indonesia melalui laporan Pemerintah Belanda di Pidie, merintis pembentukan Kabupaten Pidie dengan sekitar 9 kecamatan dan 27 desa, termasuk Kecamatan Merlung. Sejak awal berdirinya, Merlung sempat dikelola oleh saudaranya Kecamatan Alas, tetapi pada tahun 1961, Pemerintah Indonesia merevisi berbagai pembagian wilayah bahkan hingga memisahkan Merlung dan Alas.


Kecamatan Merlung mulai berkembang sejak saat itu. Penduduk daerah makin meningkat, hingga pada akhir 60-an dan awal 70-an, kawasan ini dianggap sebagai unggulan daerah dalam hal pertanian, perikanan dan budidaya ikan. Pembangunan berlanjut hingga saat ini, tidak hanya untuk peningkatan produksi pangan, namun juga dalam bidang iklim, energi dan infrastruktur.

Keberhasilan pembangunan di Kecamatan Merlung, telah berjasa dalam mewujudkan pembangunan ekonomi dan masyarakat lebih dari setengah abad yang lalu. Hal ini telah membuat Merlung berada di posisi yang kuat dalam menghadapi tantangan global saat ini.
Labels: Kisah

Thanks for reading sejarah berdirinya kecamatan merlung. Please share...!

0 Komentar untuk "sejarah berdirinya kecamatan merlung"

Back To Top