Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Asal Usul Kota Jambi

 Kota Jambi merupakan ibukota provinsi Jambi di Indonesia. Kota yang terletak di tepi Sungai Batanghari ini memiliki sejarah dan kebudayaan yang sangat kaya. Sebago kisah dongeng masyarakat setempat, Kota Jambi didirikan oleh seorang Raja bernama Raja Mas Maro Shaleh, seorang raja yang berasal dari Sumatera Utara (Provinsi Aceh). Raja itu membangun benteng di lokasi sekarang keraton kota Jambi. Keraton kota Jambi dulunya merupakan benteng yang mengawal Sungai Batanghari.


Asal Usul Kota Jambi
Keraton kota Jambi yang berada di ketinggian ini lah yang menjadi pusat kekuasaan raja-raja Jambi sejak abad ke-17. Mana-mana tentara yang masuk ke kota Jambi harus rela menyerahkan harta mereka kepada raja. Sebelum abad ke-17, kota Jambi dikenal dengan sebuah kawasan yang disebut Uluum Lamo dengan julukan Alya ni Uluum Lamo Jayo Basa.


Namun, diawal abad ke-17, akhirnya Raja Maro Shaleh sanggup tiba di kawasan itu serta membangun Keraton Jambi. Hal itu juga berkontribusi pada pengembangan daerah yang sebagian gede diisi oleh hutan dan sungai-sungai. Pada abad ke-17 sore, kota Jambi bahkan telah menjadi ibukota wilayah baru yang dibentuk oleh Raja Shaleh.

Setelah Raja Shaleh meninggal dunia, Keraton Jambi semakin dihormati, terutama ketika Kota Jambi berada di bawah kekuasaan Gajah Mada, seorang tokoh penting dari masa Majapahit. Ia membangun beberapa benteng di bagian dari Kota Jambi. Kerajaan sultan berikutnya yang datang pun tetap meneruskan pembangunan keraton. Hal ini juga mencerminkan kemajuan dan kekuatan wilayah Jambi.

Dengan begitu, kota Jambi pun kian berkembang dan punya sejarah yang sangat kaya. Kota Jambi menjadi ibukota provinsi Jambi pada tahun 1964. Ia pun berkembang menjadi sebuah kota yang kini dihuni oleh penduduk yang beragam budaya dan latar belakang. Kota Jambi juga memiliki berbagai kebudayaan unik, seperti makanan, rumah adat, dan lain sebagainya.
Labels: Kisah

Thanks for reading Asal Usul Kota Jambi. Please share...!

0 Komentar untuk "Asal Usul Kota Jambi"

Back To Top