Ceritane Wong, Cerita Rakyat, Dongeng, Artikel

Asal mula pasar angso duo jambi

 Pasar Angso Duo merupakan sebuah pasar tradisional yang terletak di Desa Tumekkat, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Indonesia. Pasar Angso Duo telah berdiri sejak tahun 200 tahun lalu oleh Tuan Panglima Mara Maharaja Mahmud, yang merupakan salah satu anak laki-laki Dato Maharaja Medan, Raja Kerajaan Jambi yang berkerajaan pada Masa Pemerintahan Hindia Belanda.


Asal mula pasar angso duo jambi
Menurut legenda, seorang warga dusun yang telah berkhianat kepada pemerintah yang saat itu berada di bawah Pemerintah kolonial Belanda, diniatkan untuk dibunuh. Namun, Tuan Panglima Mara Maharaja Mahmud mengampuni pelikul dan memintanya untuk mengatur pasar tradisional yang saat itu baru dibangun di wilayah kerajaan tersebut. Warga dusun tersebut pun melaksanakan perintah yang diberikan dan memulai pasar Angso Duo.


Pasar Angso Duo dahulunya disebut sebagai Pasar Jambi. Namun, pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, nama pasar tersebut berubah menjadi Pasar Angso Duo. Di pasar ini, para pedagangnya berjualan berbagai macam produk yang dibutuhkan masyarakat Jambi, yang terutama adalah terdiri dari pertanian dan peternakan, daging, ikan, kerajinan tangan tradisional, dan lain-lain.

Seiring berkembangnya zaman, pasar Angso Duo telah menjadi salah satu destinasi pariwisata yang paling populer bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jambi. Selain itu, pasar ini juga merupakan salah satu tempat yang populer untuk berburu barang antik dan unik. Pasar Angso Duo selalu ditutup setiap malam pada hari Sabtu dan Minggu, tapi terkadang wisatawan masih bisa melihat orang-orang berjualan di pasar saat sore hari.

Pasar Angso Duo telah menjadi ikon budaya Jambi yang dikenang hingga saat ini. Pasar ini merupakan tempat bagi masyarakat setempat untuk belanja, berdagang dan bersilaturahmi. Selain itu, pasar ini juga menawarkan suasana yang unik dan menarik bagi para wisatawan untuk berburu cinderamata dan menikmati keindahan alam sekitar.
Labels: Artikel Sejarah

Thanks for reading Asal mula pasar angso duo jambi. Please share...!

0 Komentar untuk "Asal mula pasar angso duo jambi"

Back To Top